Rabu, 17 Februari 2010

BAB I PENDAHULUAN AKA I

1.1 Latar Belakang
Sebagai perusahaan publik, PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memiliki kompetensi di bidang transmisi dan distribusi gas bumi yang telah teruji dan handal didukung oleh komitmen yang solid dalam memenuhi permintaan energi gas bumi di Indonesia yang semakin meningkat. Menyediakan energi bersih dan bermutu tinggi bagi beragam aplikasi industri adalah tugas utama PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dan menjadi keharusan untuk senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan setia di sektor rumah tangga, komersial dan industri serta niaga sejak tahun 1974. Prestasi hari ini adalah batu pijakan. Esok adalah harapan masa depan gemilang. Kesinambungan ketersediaan energi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang senantiasa tumbuh dan berkembang menjadi tantangan tak terelakkan bagi cita-cita bersama, kesejahteraan dan kemakmuran negara kita. PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk terus mengupayakan terhubungnya antara sumber-sumber gas bumi dengan serta pengguna gas bumi dalam negeri maupun regional melalui terwujudnya sistem jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Terpadu Indonesia.
Sebagai Penyedia Utama Gas Bumi, PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memiliki dua bidang usaha yaitu distribusi (penjualan) dan transmisi (transportasi) gas bumi melalui jaringan pipa yang tersebar di seluruh wilayah usaha. Usaha distribusi meliputi kegiatan pembelian gas bumi dari pemasok dan penjualan gas bumi melalui jaringan pipa distribusi ke pelanggan rumah tangga, komersial, dan industri. Sedangkan usaha transmisi merupakan kegiatan pengangkutan (transportasi) gas bumi melalui jaringan pipa transmisi dari sumber-sumber gas ke pengguna industri.
Mengingat betapa pentingnya ruang lingkup usaha PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, maka dalam penyaluran gas tersebut juga harus difasilitasi dengan jaringan pipa distribusi dan transmisi yang baik. Untuk merealisasikan tujuan tersebut PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk membentuk suatu divisi untuk membuat perencanaan-perencanaan program yang berkaitan dengan perluasan jaringan pipa.
PDJB merupakan divisi yang dibentuk dengan tujuan membuat perencanaan pengembangan jaringan pipa distribusi gas di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) yang handal berdasarkan standar-standar yang sudah ditetapkan berkaitan dengan proses perencanaan dan pelaksanan konstruksi jaringan pipa gas, sehingga dapat meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat perencanaan dan pelaksanaan proyek jaringan pipa gas sampai pada tahap serah terima proyek.
Bekerja sama dengan divisi lain, divisi ini melakukan review terhadap usulan-usulan proyek (RKUP), tinjauan-tinjauan lapangan (survey awal dan survey detail), perencanaan (basic dan detail design), pengawasan pada tahap tender – konstruksi – serah terima proyek, memberikan saran-saran yang berkaitan dengan perencanaan jaringan dan spesifikasi teknis, dan sebagainya.
Dari keterangan inilah penulis mengambil judul penulisan Kertas Kerja Wajib (KKW), “Tahapan Proses Konstruksi Pipa Distribusi PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk di Proyek Distribusi Jawa Barat (PDJB)”.

1.2 Tujuan
Tujuan dari penulisan kertas wajib ini adalah :
1) Untuk meningkatkan pemahaman ilmu mahasiswa dengan jalan melihat langsung prosesnya di lapangan kerja.
2) Untuk memahami tahapan konstruksi pipa distribusi PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.
3) Mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam pemasangan pipa, dampak, serta penyelesaiannya.

1.3 Batasan Masalah
Pembahasan di dalam kertas kerja wajib ini adalah menekankan pada pelaksanaan konstruksi pipa distribusi yang mencakup tahapan konstruksi, hambatan, dampak dan penanggulangannya.

1.4 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan Kertas Kerja Wajib ini adalah sebagai berikut:
* Bab I Pendahuluan. Yaitu membahas mengenai latar belakang, tujuan, batasan masalah, dan sistematika penulisan.
* Bab II Orientasi Umum. Yaitu membahas secara singkat PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, profil PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Tugas Pokok dan Fungsi Proyek Distribusi Jawa Barat (PDJB), Susunan Organisasi Proyek Distribusi Jawa Barat (PDJB), serta Job Description Proyek Distribusi Jawa Barat (PDJB).
* Bab III Tinjauan Pustaka. Yaitu berisi pengertian konstruksi jaringan pipa distribusi, sistem jaringan pipa gas PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, prosedur pemasangan pipa, standar material, serta K3LL.
* Bab IV Pembahasan. Yaitu membahas mengenai data material di lapangan, tahapan konstruksi pipa distribusi, hambatan dalam pelaksanaan dan penyelesaiannya.Bab V Penutup. Yaitu berisi simpulan dan saran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar